BAGAIMANA CARANYA MEMULAI BERTEMAN?

Sebagai manusia, kita tidak bisa hidup tanpa berteman dengan orang lain. Nah, ketika berada di lingkungan baru, mungkin kamu bingung untuk mulai berteman, termasuk berkenalan dengan anak yang berbeda jenis kelamin. Ini ada beberapa tip yang bisa kamu ikuti.

Tersenyum dan menyapa

Saat masuk ke lingkungan baru, lihatlah sekelilingmu. Apabila ada yang melakukan kontak mata denganmu, tersenyumlah dan hampirilah mereka. Lalu, sapalah dan perkenalkan dirimu. 

Sebagai contoh:

“Hai, aku Hany. Aku baru ikut les ini. Kamu udah lama?”

“Aku Andy. Aku udah ikut les 11 tahun.” 

Dekati yang Satu Minat

Kamu juga dapat melihat ke sekeliling dan perhatikan kira-kira kelompok mana yang minatnya sama denganmu. Cobalah mengikuti kegiatan yang mereka lakukan. 

Misalnya: 

“Eh, kamu suka sains ya? Aku ikut gabung dong” (kata Andy sambil bawa tabung reaksi gede banget) 

“Oh, boleh.” (Hany kaget)

Bersikap Positif

Setelah berkenalan, kamu dapat mengenal lebih dekat teman barumu dengan membicarakan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya, hobi, acara TV, atau lagu favorit Ketika membangun pertemanan, jadilah individu yang positif dan bicarakanlah hal-hal positif. Hindari mengeluh, berbohong, atau bergosip tentang keburukan orang lain. 

Misalnya:

Hany: Menurutmu apakah Matematika itu sulit?

Andy: Ada bagian yang sulit. Tapi asal kita tekun belajar pasti bisa memahaminya 

Terima Teman Apa Adanya

Terimalah teman baru apa adanya. Begitu juga denganmu, jadilah dirimu sendiri saat bergaul. Jika tidak setuju dengan mereka, beranilah berpendapat. Jika mereka teman yang baik, mereka akan mendengarkanmu dan tetap berteman denganmu. 

Aturan di atas juga berlaku pada teman yang berbeda jenis kelamin. Biasanya bedanya hobi atau kebiasaan. Misalnya, teman perempuan lebih suka mengobrol, sedangkan laki-laki suka bermain bola. Yang terpenting adalah saling menghargai. 

MIsalnya:

Andi:  “Lho, kamu juga suka main bola?”

Hany: “Iya, bola bekel. Mau ikut?”

Selamat mencoba ya!