ASYIKNYA JADI GURU BK

Apakah kamu pernah ke ruang Bimbingan Konseling (BK)? Kalau dulu sih namanya Bimbingan Penyuluhan (BP). Pernahkah kamu bertemu guru BK? Tahukah kamu, tugas guru BK itu menyenangkan lho!

Agar Lebih Berprestasi

Tugas guru BK di antaranya membimbing dan mengarahkan agar kamu bisa lebih berprestasi. Karena itu guru BK sering mengajakmu ngobrol untuk mengetahui apakah kamu memiliki kesulitan belajar.

Teman Curhat

Selain itu, guru BK juga bisa diajak curhat. Menurut Miss Tiurma, Guru BK di SD Kristen Pelita Kasih, Jakarta Timur, guru BK biasanya ramah dan bisa diajak ngobrol seperti teman. Kamu bisa mencurahkan isi hati atau curhat kepadanya. 

Bertanggung Jawab Terhadap Pendidikanmu

Seperti juga guru lainnya, guru BK bertanggung jawab terhadap semangatmu dalam mengejar cita-cita. Menurut Miss Tiurma, siswa-siswi memiliki potensi di berbagai bidang, sehingga akan diarahkan untuk memaksimalkan kemampuannya. “Potensi itu tidak hanya di mata pelajaran, tetapi juga di bidang musik, drama, tari, olahraga, dan sebagainya.” 

Membantu Menyelesaikan Masalahmu

Seperti layaknya dokter, guru BK juga berusaha menyembuhkan. Namun hanya sebatas permasalahan yang lebih mudah. Jika permasalahannya lebih besar, guru BK akan menyerahkannya kepada psikolog. Lalu jika memerlukan terapi yang lebih spesifik, psikolog akan meminta bantuan psikiater.

Teman Orangtuamu

Guru BK juga bisa menjadi teman orangtuamu. Mereka akan berbincang dengan orangtua untuk lebih meningkatkan prestasimu. Jika tiba-tiba prestasimu menurun, guru BK mulai memperhatikan.

Perhatian dan Peduli

Guru BK biasanya perhatian dan peduli. Misalnya saat kamu berdiam diri sendirian di sudut ruangan, sementara yang lain bermain dengan ceria. Guru BK mulai mengajakmu bermain agar kamu tidak kesepian. Jadi, wajar jika guru BK dekat dengan siswa dan orangtuanya.

Pendidikan Guru BK

Untuk menjadi Guru BK, ada pendidikan yang harus ditempuh, yaitu Ilmu Pendidikan dan Keguruan jurusan Bimbingan dan Konseling. Bisa juga dari jurusan Psikologi.

Wah! Seru ya jadi guru BK. Aku ingin lebih perhatian dan peduli seperti guru BK.