Cerita Teman Masuk Gua

Pernahkah kamu masuk ke dalam gua? Bagaimana rasanya? Apa saja yang bisa kamu temukan di sana? Coba ceritakan apa yang kamu ketahui seputar gua? Teman kita berikut menceritakan pengalaman mereka masuk gua. 

David, kelas 6 SD Intan Permata Hati, Rungkut, Surabaya

Aku pernah mengunjungi gua di Taiwan. Namun guanya sudah dibersihkan, di dalamnya juga sudah ada lampu sehingga terang. Masih ada stalaktit dan stalagmitnya. Dalam bayanganku, gua itu dalam, gelap dan menyeramkan. Semakin ke dalam maka akan semakin seram, bahkan ada sungai di dalamnya. Ada banyak binatang mengerikan seperti ular, mungkin juga ada singa atau macan yang bersembunyi. Namun di gua yang kukunjungi, sangat ramai dan menyenangkan, aku hanya menemui sarang laba-laba dan semut.

Kim Chae Yoen, kelas 6 SD Ipeka Internasional, Meruya Ilir, Jakarta Barat

Ketika masih kecil, aku pernah diajak ayah dan ibu pergi ke sebuah gua di Korea. Aku sudah lupa bagaimana suasasanya. Menurutku, gua itu gelap dan menyeramkan. Aku agak takut kalau harus memasuki gua. Aku pernah diceritakan oleh ayah, bahwa zaman dahulu gua digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia purba. Mereka menyalakan api agar hangat dan tidak kedinginan, juga melindungi dari serangan binatang buas. Di dalam gua manusia purba juga menggunakan batu untuk menumbuk dan membuat api.