Rubik

Awal Mula Terciptanya Kubus Ajaib

Rubik adalah mainan berbentuk kubus warna-warni yang sangat terkenal di dunia. Kubus ini bisa diputar ke kanan-kiri-atas-bawah untuk membuat warna yang sama di setiap sisinya. Siapa sih yang pertama kali membuat mainan unik ini?

Erno Rubik
Profesor Erno Rubik lahir pada 13 Juli 1944 di kota Budapest, Hungaria. Dia mengajar desain dan interior di Academy of Applied Arts and Crafts. Ketika mengajar, Erno Rubik lebih suka menggunakan model nyata berupa benda-benda yang terbuat dari kertas, karton, kayu, atau plastik untuk menjelaskan idenya kepada mahasiswa. Dengan begitu, pelajarannya dapat dimengerti dengan baik dan mudah diingat oleh mahasiswanya.

Karena itulah, Profesor Rubik merancang sebuah kubus dari kayu yang bisa diputar vertikal dan horizontal. Dia ingin menjelaskan geometri 3 dimensi. Kubus ini memiliki 6 sisi dengan 6 warna yang berbeda, yaitu kuning, putih, oranye, merah, biru, dan hijau. Masing-masing sisi memiliki 9 kotak. Setelah rubik diputar-putar ke berbagai arah, ternyata warnanya berantakan dan sulit dikembalikan seperti semula. Bahkan, awalnya Profesor Erno Rubik sendiri perlu sekitar satu bulan untuk memecahkan teka-teki ciptaannya!

Ternyata para mahasiswa  sangat suka memainkan kubus ini. Akhirnya kubus ini dijual di toko mainan di Budapest. Suatu hari, ada pekerja Hungaria yang melihat mainan ini. Dia dan rekannya kemudian menawarkannya ke perusahaan mainan dan langsung memesan 1 juta rubik. Dari sinilah, rubik menjadi terkenal di seluruh dunia. Wah, hebat juga ya, dari ide yang sederhana menjadi mainan populer di seluruh dunia.

Bermain Rubik
Dulu, hanya sedikit orang yang bisa memecahkan teka-teki rubik. Sekarang, banyak orang bisa memecahkannya dengan cepat karena ada sudah tersebar trik dan rumus untuk menyelesaikan rubik. Trik ini bisa dipelajari dari buku-buku, panduan di Internet, atau menonton di YouTube.

Fakta Unik Rubik

  • Sampai saat ini, rekor pemain rubik tercepat di dunia adalah Mats Valk dari Belanda. Dia dapat menyelesaikan rubik hanya dalam waktu 5,55 detik!
  • Sekarang sudah banyak sekali bentuk rubik. Ada yang piramida, segi 6, bentuk ular, dan sebagainya.

Hayo, apakah Sahabat AHA bisa menyamakan warnanya?